Sabtu, 17 Agustus 2013

Penulangan Balok

Pembebanan pada sebuah balok menaikkan tegangan tarik, desak dan geser, sedemikian rupa sehingga pemikiran desain sebuah balok merupakan suatu penghantar yang mudah pada prinsip elementer desain beton bertulang.
Dalam tujuan desain, kuat tarik beton yang kecil itu diabaikan, oleh karena itu satu balok beton, yang mampu memikul desakan di atas sumbu netral, tak mempunyai kemampuan yang berarti dalam menahan tarikan di bawah sumbu ini. Agar supaya balok dapat berfungsi dengan baik, pada daerah tarik harus diberi suatu tahanan atau dengan kata lain, luasan balook di bagian ini harus ditulangi.
Bilamana batang tulangan ditempatkan pada bagian bawah balok, tepatnya di dekat permukaan tarik yang terluar, kekuatan balok tak lagi dibatasi oleh kuat tarik beton dan pemberian tulangan untuk mencegah geseran horisontal, sehingga balok dapat menjadi kuat baik di dalam menahan tarikan maupun desakan. Agar supaya dapat memperoleh keuntungan sebesar-besarnya dari tulangan, maka harus dipasang sedekat
mungkin pada dasar balok. Bagaimanapun juga, perlu diberi selimut beton untuk mencegah korosi dan memberikan daya tahan terhadap api yang diperlukan.

Syarat-syarat Menentukan Tulangan Balok

Penulangan Balok

Keterangan gambar:
  1. Luas tulangan pokok: (a) Minimum 0,5% (dari luas balok a.b); (b) Jarak maksimum 20 φ tulangan pokok; (c) Jarak maksimum 30 cm.
  2. Begel: Luas minimum 0,2% (dari luas a.X)
  3. Jarak Begel : (a) X ≤ a; (b) X ≤ 30 cm; (c) X ≤ 25 φ tulangan begel; (d) X ≤ 2/3 untuk daerah geser.

Jarak Tulangan Balok

Keterangan gambar:
  1. Jarak maksimum penulangan sisi 300 mm
  2. Jarak minimum penulangan utama : (a) 30 mm; (b) sama dengan φ tulangan pokok; (c) 4/3 butir kerikil (nominal yang terbesar); (d) 2/3 butir kerikil nominal; (e) ≥ 50 mm.

Pada balok T boleh diterapkan bentuk begel terbuka apabila syarat-syarat berikut ini terpenuhi :
  1. Akhir dari begel harus dibuat kait bulat/kait serong.
  2. Dalam pembengkokan kait ini harus terdapat batang memanjang.
  3. Sisi terbuka dari begel harus ditutup dengan penulangan atas lantai tegak lurus dengan sumbu balok.

Begel Terbuka

Keuntungan dengan memakai begel terbuka pada penulangan balok mempercepat pelaksanaan penulangan plat lantai karena :
  1. Tulangan tidak harus memasukkan satu per satu.
  2. Bila memakai tulangan mes (jaring) tidak mendapat kesulitan untuk memasukannya ke dalam balok (tidak memotong tulangan mes).

Jarak Penulangan Balok


Tidak ada komentar:

Posting Komentar