Selasa, 20 Agustus 2013

Metode Pelaksanaan Pemasangan Gelagar dan Plat Jembatan

Waktu Pelaksanaan Pekerjaan
Pelaksanaan pekerjaan pemasangan gelagar, dilaksanakan setelah pekerjaan pondasi jembatan selesai.

Pelaksanaan Pemasangan Gelagar
Gelagar jembatan itu sendiri mempunyai fungsi sebagai pemikul beban bergerak (kendaraan mobil, kereta api, dan manusia). Gelagar ini dapat dibuat dari beton, baja, atau kayu. Tetapi dalam metode pelaksanaan ini membahas menggunakan gelagar beton. Penggunaan dari bentuk gelagar yang dilaksanakan sebagai pekerjaan yang ini perlu diperhitungkan kemiringan sudutnya yang diberikan dalam persamaan trigonometri. Dalam perencanaan pembangunan jembatan ini diperlukan perencanaan awal yang matang, salah satunya adalah perencanaan gelagar. Pekerjaan pemasangan gelagar dilaksanakan setelah pekerjaan pondasi jembatan selesai. Pelaksanaan pekerjaan pemasangan gelagar terdiri dari:

Menurunkan gelagar dan plat dari kendaraan truk trailer menggunakan crane.


Untuk perakitan gelagar jembatan ini dibutuhkan suatu daerah persiapan yang mempunyai panjang sebesar
bentang gelagar. Sebagai tambahan diperlukan pula daerah untuk menyimpan balok-balok beton yang nantinya berfungsi sebagai penopang sementara gelagar.

Kemudian dengan menggunakan crane gelagar diletakkan pada posisi memanjang di atas alat bantuan tumpuan, lalu dilakukan penyatuan gelagar, dengan menggunakan metode stressing atau post tension.




Metode stressing dilakukan apabila kekuatan beton sudah memenuhi persyaratan sesuai dengan initial jacking force yang telah diapproval. Langkah-langkah stressing adalah sebagai berikut:
1. Masukkan Strand

2. Setting angkur balok

3. Stressing

4. Potong strand

5. Grouting dan patcing

6. Finishing

Metode post tension dilakukan dengan menggabungkan beberapa segmen balok untuk kemudian disatukan dengan menggunakan perekat lalu disetressing.

1. Install Strand Ke Dalam Ducting

2. Pemberian Epoxi pada Permukaan Segmen

3. Proses Stressing

Pekerjaan selanjutnya adalah erection, dengan cara meluncurkan gelagar tersebut pada posisi bentangan jembatan dengan menggunakan bantuan 2 unit crane dimana 1 crane sebagai penarik dan 1 unit crane lagi membantu mengangkat/pegangan belakang.


Pelaksanaan Pemasangan Diafragma
Diafragma adalah elemen struktur yang berfungsi untuk memberikan ikatan antara gelagar sehingga akan memberikan kestabilan pada masing-masing gelagar dalam arah horisontal. Pengikat tersebut dilakukan dalam bentuk pemberian stressing pada diafragma dan gelagar sehingga dapat bekerja sebagai satu kesatuan.


Pelaksanaan Pekerjaan Plat Lantai Jembatan
Plat lantai jembatan berfungsi untuk menahan beban yang bekerja di atas jembatan secara merata dan agar mendapat permukaan yang rata. Urutan pelaksanaan pekerjaan plat lantai jembatan adalah sebagai berikut:
  1. Pembuatan bekisting plat lantai
  2. Pelaksanaan pekerjaan pembesian
  3. Metode pelaksaan pekerjaan pengecoran beton
Pemasangan bekisting dilakukan setelah pemasangan gelagar jembatan yang di atasnya telah dipasangi shear conector. Berikut ini adalah prosedur pelaksanaan bekisting:
  1. Menentukan lahan yang akan dipasangi bekisting
  2. Melakukan pengukuran rencana lokasi pengecoran sesuai gambar rencana
  3. Membersihkan lokasi bekisting dari segala macam kotoran
  4. Menyiapkan komponen-komponen dan panel-panel bekisting besi di lapangan
  5. Merakit dan setting panel/komponen bekisting di lapangan dengan kuat dan tepat
  6. Melakukan pengecekan apakah letak dan posisi bekisting sudah sesuai
  7. Olesi dengan pelumas bagian dalam bekisting yang akan dilapisi beton basah, agar mudah untuk membuka dan menghasilkan beton keras yang bagus dan tidak keropos
Prosedur pelaksanaan pekerjaan pembesian yaitu:
  1. Menyiapkan material besi tulangan sesuai dengan ukuran dan gambar yang sudah direncanakan
  2. Menyiapkan lokasi untuk pemotongan dan perakitan tulangan
  3. Menyiapkan peralatan dan tenaga pembesian sesuai dengan kebutuhan
  4. Pastikan perakitan tulangan dengan bendrat bersilangan tumpang tindih
  5. Potong dan rakit pembesian dengan sesuai ukuran gambar rencana
  6. Menyiapkan lokasi pemasangan panel rakitan pembesian di lapangan bersih dari segala kotoran
  7. Pastikan posisi ikatan antar besi tulangan sudah cukup kuat dan pada tempatnya


Metode pelaksanaan untuk pekerjaan beton ini dilaksanakan dengan sistem serempak untuk semua unit dengan metode konvensional (dicor di tempat lokasi pekerjaan). Karena pekerjaan beton pada pier dikerjakan secara bertahap, maka untuk memulai pekerjaan tahap berikut diberi pasta dahulu agar terjadi ikatan antara beton yang lama dengan beton yang baru. Prosedur pelaksanaan pekerjaan pengecoran beton yaitu:
  1. Siapkan perijinan untuk memulai pekerjaan (request) yang disetujui oleh direksi pekerjaan
  2. Cek bersama dengan direksi sebelum dilakukan pekerjaan pengecoran
  3. Lakukan pengecoran dan setiap melakukan pengecoran maka campuran beton sudah harus dilakukan pengecekan terhadap kadar airnya dengan slump test dan buat silinder untuk pengujian kuat tekan beton tersebut
  4. Pastikan skor-skor dan perancah kuat menopang beton basah sehingga didapatkan hasil yang sesuai dengan gambar
  5. Lakukan pemeliharaan beton dengan penyiraman terus menerus atau dengan pemberian karung goni sampai beton mencapai umur 28 hari


Standar Mutu
  1. Pelaksanaan pekerjaan jembatan ini sesuai dengan standar dan aturan yang sudah ditetapkan
  2. Gelagar beton dan diafragma menggunakan beton dengan mutu yang tinggi dan kualitasnya sudah teruji di laboratorium. Selain itu untuk dimensinya sudah sesuai dengan perencanaan
  3. Baja tendon yang digunakan mempunyai mutu yang tinggi dan kualitasnya baik. Diameter yang digunakan sudah sesuai dengan perencanaan
  4. Dalam pelaksanaan pekerjaan selalu mengutamakan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)
  5. Waktu pelaksanaan pekerjaan sudah diatur sedemikian rupa agar mencapai target yang sudah ditetapkan baik mengenai biaya, mutu, waktu, dan bahan 

Kontrol Kualitas
Tujuan dari kontrol kualitas adalah agar kualitas struktur yang dihasilkan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Pengontrolan terhadap kualitas sangat penting untuk menjamin kekuatan struktur yang telah direncanakan. Pengontrolan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:
  1. Kontrol kualitas bahan
  2. Kontrol kualitas pekerjaan
  3. Kontrol kualitas peralatan
  4. Kontrol kualitas tenaga kerja
  5. Kontrol waktu
1. Kontrol kualitas bahan
Struktur yang baik terbuat dari bahan-bahan yang memenuhi syarat-syarat kualitas yang ditetapkan. Demikian pentingnya pengendalian kualitas bahan maka material yang digunakan dalam proyek ini harus diuji secara visual dan tes laboratorium.
Hasil pekerjaan dipengaruhi oleh mutu dan kualitas bahan sehingga diperlukan pengawasan dalam hal:
  1. Ketersediaan bahan: tersedianya bahan sesuai dengan spsifikasi, termasuk di dalamnya persetujuan di masing-masing pihak yang terlibat terhadap mutu dari bahan-bahan tersebut
  2. Jadwal pengadaan bahan: jadwal pengadaan bahan harus tepat, karena seluruh waktu yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan saling tergantung satu sama lain
  3. Penerimaan bahan: penerimaan bahan hendaknya diawasi dan dicek secara teliti agar mutu dari bahan yang diperoleh sesuai dengan mutu bahan yang direncanakan sebelumnya
  4. Pemakaian bahan: kontrol mutu bahan saat pemakaian bahan dilakukan dengan cara pengujian kualitas bahan bangunan yang akan digunakan
2. Kontrol kualitas pekerjaan
Pengendalian ini untuk mengontrol apakah hasil pelaksanaan telah memenuhi standard dan spesifikasi yang telah ditentukan. Sehingga bila terjadi kesalahan atau kekurangan bisa diperbaiki, dan untuk mencegah kesalahan bisa terjadi selanjutnya.
Metode-metode yang bisa dilakukan dalam melakukan pengawasan kualitas mutu pekerjaan antara lain:
  1. Pengawasan langsung secara visual
  2. Pengukuran langsung di lapangan
  3. Kontrol dengan hitungan
  4. Pengujian di lapangan
Kontrol kualitas pekerjaan dilakukan untuk mengawasi hasil pekerjaan yang telah dilakukan.
3. Kontrol kualitas peralatan
Pengendalian kualitas peralatan terutama ditujukan kepada pengawasan bidang peralatan terhadap peralatan yang ada. Pengawasan bidang peralatan berupa pencatatan kondisi alat setiap hari dapat memaksimalkan fungsi alat, karena alat yang dipakai lebih dari umur kerjaannya dapt menurunkan produktivitas alat tersebut.
4. Kontrol kualitas tenaga kerja
Tenaga kerja merupakan faktor utama bagi pelaksanaan suatu kegiatan. Pemilihan tenaga kerja harus sesuai dengan kemampuan serta jumlah tenaga kerja yang diperlukan. Hal ini berkaitan dengan efisiensi pengerjaan suatu kegiatan. Penentuan produktivitas tergantung  pada sistem manajemen dan hubungan kerja yang konduksif. Dalam kaitannya, serta jumlah yang diperlukan dalam penanganan suatu kegiatan.
Karakter tenaga kerja yang ada dalam suatu kegiatan berbeda-beda. Masing-masing mewakili strata sosial yang berbeda-beda pula. Oleh karenanya perlu penanganan yang baik dari para pelaksana untuk mengarahkan tenaga kerja tersebut.
5. Kontrol waktu
Pengendalian waktu merupakan kegiatan yang sangat penting dalam pelaksanaan suatu kegiatan. Kegiatan ini bertujuan agar seluruh pekerjaan dapat diselesaikan sesuai dengan jangka waktu yang telah direncanakan, dan juga agar pekerjaan dapat menghindari kerugian, baik kerugian waktu maupun biaya. Pengendalian dilakukan dengan Time Schedule dan Network Planning.

























Tidak ada komentar:

Posting Komentar