Kamis, 29 Agustus 2013

Dragline

Dragline

Alat ini hanya dipakai maksimum untuk batuan yang relatif lunak atau yang sudah lepas (loose materials), jadi bukan digunakan pada lapisan batuan keras dan kompak. Dragline dipakai untuk meggali material yang berada di bawah tempat alat itu berdiri. Alat penggerak yang dipakai persis sama seperti Power Shovel.
Ukuran Dragline ditentukan oleh besar mangkuk (bucket) yang terpasang; ukuran kecil memiliki mangkuk
¼ sampai 2 cu yd (0,18 sampai 1,46 m3), ukuran sedang 2 sampai 8 cu yd (1,46 sampai 5,83 m3), dan ukuran besar 8 sampai 35 cu yd (5,83 sampai 23,32 m3) atau lebih.
Mangkuk dengan ukuran sama mungkin mempunyai berat yang berlainan, tergantung dari jenis material apa yang digali. Umumnya semakin keras material yang digali, semakin berat pula mangkuknya, dan berat itu diletakkan di dekat gigi atau bagian depan mangkuk. Umumnya mangkuk dibuat dari baja mangan, kecuali pada bagian atas dan belakang mangkuk dibuat dari material yang berbeda. Pekerjaan-pekerjaan yang dapat dilakukan oleh Dragline:
  1. Menggali lapisan tanah penutup yang lunak atau sedikit keras, terutama untuk lapisan tanah penutup dengan ketebalan yang tidak teratur.
  2. Menggali dari atas jenjang.
  3. Membuat terusan, selokan, trench dan lain-lain; jika tanahnya lunak, bisa menjadi lebih efisien jika dibandingkan dengan menggunakan Power Shovel.
  4. Menggali lumpur, pasir, kerikil, atau batuan yang terletak di bawah permukaan air.
  5. Memperdalam terusan, kanal, sungai, dan lain-lain.
  6. Membuat dam kecil dengan cara penggalian tanah dan batuan dari daerah disekitarnya.
  7. Menggali lalu mengangkat, memuat, atau melepaskan pasir, kerikil, maupun batu bara ke atas alat angkut.
Untuk penempatan ditempat kerja yang baru atau memindahkan alat untuk jarak yang jauh, biasanya dilakukan dengan Trailler, sebab jalannya alat ini sangat perlahan, kecepatannya sekitar 1 km/ jam.

Trailler


Tidak ada komentar:

Posting Komentar