Kamis, 11 September 2014

Metode Perbaikan Tanah dengan cara Pengantian dan Pendesakan (Replacement dan Displacement Method)

Teknik pengantian lapisan tanah lunak yang kompresibel  diganti  dengan tanah yang bergradasi baik, dilakukan pengantian sebagian atau seluruhnya sesuai ketinggian tanah lunak. Cara ini bertujuan untuk memperbaiki stabilitas dan daya dukung tanah pondasi serta mengurangi besarnya penurunan akibat konsolidasi. Selama proses pengantian dilakukan mobilisasi penekanan diatas tanah sebagai jalan proses pengurukan, lambat laut akan mempercepat proses penurunan. Tujuan dari metode ini adalah:
  1. Bila penurunan tanah akibat konsolidasi pada tanah , maka dapat dilakukan melalui pengantian tanah pada jalur  bangunan
  2. Mempetimbangkan kekuatan tanah  sebagai daya dukung.
Pelaksanaan dibagi menjadi 2 jenis:
  1. Metode  pemindahan  tanah dengan bantuan alat berat, dan tanah diganti dengan material tanah yang sesuai karekteristik rencana bangunan.
  2. Metode Underfill, lokasi jalur /area letak tanah lunak dilakukan proses desakan dan ledakan dan ditimbun bagain atas dengan bahan material tanah sesuai karakteristik bangunan  dan dilanjutkan dengan metode relative, dengan meyiapkan parit disepanjang sisi timbunan untuk memudahkan pemindahan Lumpur yang terdesak.
Bilamana karakteristik material tanah Lumpur dangkal, maka pelaksanaan  dengan mengendalikan/pengantian lapisan tanah. Proses  pelaksanaan:
  1. Dipersiapkan peralatan mekanis yang mobile (  traktor, sovel, grider, wales.)
  2. Dipersiapkan kedudukan peil melalui patok sebagai tanda area dan batas pengantian tanah dan timbunan.
  3. Tanah permukaan dikupas dan digali sesuai dengan rencana dalam bestek pekerjaan dan ditimbun diluar lokasi pekerjaan.
  4. Tanah bergradasi sesuai dengan hasil uji lab dihamparkan diatas tanah dan dilakukan pemadatan secara bertahap sesuai dengan karakteristik tanah timbunan dan sesuai dalam pedoman pemadatan.
  5. Perataan dan pemadatan mengunakan alat mekanis mobile yang dapat membantu konsolidasi tanah urug secara permanent.

Gambar: Pengalian dan perataan tanah  digunakan alat berat untuk menimbun tanah dibagian bawah yang telah dikupas pada bagian tanah permukaan (top soil)

Gambar: Desain pengantian tanah sebagian dan penuh setinggi kedalaman tanah lunak dan berjenuh air

Gambar: Proses pengantian dengan menguruk tanah lunak dengan bantuan alat berat traktor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar