Selasa, 02 September 2014

Apakah Schedule/Jadwal/Waktu Pelaksanaan?

Schedule adalah...
Capaian waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaian setiap aitem pekerjaan dan atau kumpulan aitem pekerjaaan yang diukur dari satuan hari, minggu, bulan serta dalam kurun sampai terselesainya aktivitas pekerjaan mencapai target yang telah ditetapkan dalam kontrak kerja.

Jadwal adalah...
Capaian waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaian setiap aitem pekerjaan dan atau kumpulan aitem pekerjaaan yang diukur pengunaan melalui sumber daya dari unsur biaya, tenaga kerja, peralatan, ketersediaan bahan material bangunan.

Waktu pelaksanaan adalah...
Capaian waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaian setiap aitem pekerjaan dan atau kumpulan aitem pekerjaaan yang diukur dari berbagai komponen pendukung utama dan skunder dalam Schedul pelaksanaan bangunan dan komponen produksi.

Berikut dibawah ini contoh schedul kerja yang digunakan pada salah satu kegiatan pekerjaan konstruksi sampai pada saat pemasangan mesin produksi dan dilakuakn proses uji coba produksi.
Dalam pengambaran sshidul pelaksanaan kerja harus dilakukan secara komprehensif dengan mencerminkan aktivitas yang akan dicapai dalam kurun tertentu dengan selalu memperhatikan berbagai atribut didalam pekerjaan.
Dalam penyusunan schedule kerja, diperlukan atribut yang menunjukan dan mengambarkan aktivitas dari jenis nama  proyek, lokasi dimana kegiatan dilaksanakan, nilai pekerjaan yang dilakukan sesuai dalam surat perjanjian kontrak kerja.dan tahun pelaksanaan pekerjaan dilakukan.


Berbagai unsur kegiatan yang dapat dimasukan dalam pembuatan shidul kerja, yaitu meliputi:
  1. Jenis material/bahan baku,
  2. Biaya upah kerja.
  3. Tenaga kerja
  4. Jenis pekerjaan konstruksi yang akan dilakukan,
  5. Pengunaan alat bantu kerja mekanis dan manual.
Standar pencapain dari waktu, jam, hari, minggu, dan bulan, ditetapkan pada:
  1. Standar pencapaian kerja orang perhari dengan mengunakan alat kerja Bantu manual dan mekanis.
  2. Sifat pekerjaan (melalui bahan baku menjadi bahan jadi dan atau pembongkaran menjadi bahan baku dan bahan jadi).
  3. Lokasi kegiatan dilakukan di daerah basah (rawa, daerah perairan), bukit, dan pengunungan.
  4. Cuaca pada saat pekerjaan dilaksanakan.
Pencapaian yang diperoleh dari schedul kerja, mengambarkan:
  1. Prestasi pekerjaan yang dicapai dalam ukuran waktu (jam, hari, minggu, bulan), dalam merealisasi setiap bentuk aktivitas komponen konstruksi. yang sangat terkait penyiapan pembiayaan dalam ukuran hari, minggu, dan bulan.
  2. Prosentase kemajuan fisik setiap jenis komponen pekerjaan yang dilakukan dalam ukuran waktu terhadap pemanfaatan bahan, tenaga kerja ,alat bantu kerja.
  3. Waktu dalam kurun tertentu yang dapat dicapai selama pekerjaan berlangsung, dengan mempertimbangkan aspek ketersediaan bahan, tenaga kerja, cuaca, dan alat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar