Rabu, 03 September 2014

Pendulum Nusantara (Tol Laut)

Teman-teman teknik sipil mungkin masih banyak yang belum tahu tentang Pendulum Nusantara (Tol Laut), saya kira teman-teman teknik sipil harus tahu tentang Pendulum Nusantara (Tol Laut) ini, soalnya dalam pembangunannya sangat memerlukan orang dari teknik sipil...ini teman infonya:

Apa sih yang dimaksud Pendulum Nusantara (Tol Laut)?
Dalam bahasa sederhananya, Pendulum Nusantara adalah sebuah sistem transportasi barang dengan menggunakan kapal ukuran besar (kapasitas 3000-4000 TEU) yang melewati sebuah jalur laut utama dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia secara rutin. Karena pola gerakannya dari barat ke timur dan kemudian berbalik timur ke barat (seperti gerakan sebuah pendulum ketika digoyangkan), maka program ini disebut Pendulum Nusantara. Tujuan dari program ini sendiri adalah agar terjadi sebuah efisiensi transportasi barang sehingga menurunkan biaya logistik nasional dan pada akhirnya mendorong tumbuhnya industri dan terjadinya pemerataan ekonomi, khususnya untuk Indonesia bagian timur. Skema pengembangannya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.


Apakah Tol Laut ini baru pertama kali diterapkan pertama kali di Indonesia?
Jawabnya pasti TIDAK, diluar negeri udah banyak.
Di indonesia sendiri konsep ini sudah ada sejak kerajaan sriwijaya yang dikenal sebagai kerajaan maritim. Sangat ironi jika sekarang ada yang mengangkat ide ini tapi kita malah tidak mengenal. Kalau diluar negeri katakanlah yang sering digunakan orang indonesia untuk mengirim barang adalah sebagai berikut:


Perhatikan, jalur itu adalah jalur tol laut, dan tidak ada aspal di jalur tersebut. titik-titik pada gambar merupakan deep sea port, bentuknya seperti dibawah ini:





Dan yang bentuknya terapung seperti di bawah ini:


Kenapa harus deep sea port >> laut dalam..???
Karena yang lewat kapal-kapal sangat besar seperti di bawah ini:




Inilah yang membuat kiriman logistik bisa murah, kalau tidak ada tol laut seperti saat ini, perbedaan harga sangat jauh, penggambarannya sebagai berikut:




Bedanya kalau ada tol laut, penggambarannya sebagai berikut:


Sumber:
http://www.kaskus.co.id/post/53a478339e7404232d8b467d#post53a478339e7404232d8b467d

Tidak ada komentar:

Posting Komentar