Garis pengaruh digunakan sebagai dasar perhitungan pada konstruksi yang menerima muatan bergerak. Yang dimaksud dengan muatan bergerak adalah kedudukan muatan yang selalu berubah, misalnya
mobil atau kereta api. Akibat muatan yang berubah ini pengaruhnya terhadap penampang konstruksi juga akan berubah.
Untuk keperluan ini, kita memerlukan lukisan garis pengaruh. Garis pengaruh adalah suatu garis yang menunjukkan besarnya pengaruh dari suatu muatan untuk setiap perubahan kedudukan muatan.
Besarnya reaksi atau gaya dalam pada suatu konstruksi tergantung dari posisi beban pada konstruksi, hubungan tersebut dapat dinyatakan sebagai:
Dengan y menyatakan nilai reaksi atau gaya dalam, x menyatakan posisi beban pada konstruksi, dan P menyatakan besarnya beban pada konstruksi. Jadi garis pengaruh pada suatu konstruksi dapat berupa garis
pengaruh reaksi, garis pengaruh gaya lintang, dan garis pengaruh momen lentur.
Diagram Garis Pengaruh
Garis pengaruh dinyatakan di dalam diagram, garis pengaruh yang bernilai positif digambarkan di dalam diagram ke bawah, kecuali bila gambar diagram itu disuperposisikan.
Garis Pengaruh Balok
Garis pengaruh balok sederhana
Gambar 1. Garis Pengaruh Reaksi Perletakan Pada Balok Sederhana
Apabila suatu konstruksi balok sederhana AB dimuatan beban hidup P yang bergerak dari A ke B, seperti pada Gambar 1. Pada saat gaya P berada di titik A, maka reaksi perletakan A sebesar P, sedangkan reaksi perletakan di B sebesar 0. Sebaliknya bila muatan P ada di atas perletakan B akan menghasilkan reaksi perletakan A sebesar 0 dan reaksi perletakan B sebesar P. Apabila kemudian muatan sedang berada di suatu titik X, maka reaksi perletakan A akan sebesar:
Sedangkan reaksi perletakan B akan sebesar:
Kedua nilai tersebut menunjukkan suatu persamaan linear. Dengan demikian kedua reaksi perletakan dapat dinyatakan di dalam suatu diagram seperti terlihat pada Gambar 2b dan 2c. Diagram ini dimaksudkan
sebagai garis pengaruh, disingkat dengan Gp VA, Gp VB.
Gambar 2. Diagram Garis Pengaruh Pada Balok Sederhana
Selanjutnya pada Gambar 2d diperlihatkan garis pengaruh gaya lintang di suatu titik pada konstruksi, misalnya di titik C. Bila muatan P bergerak dari A ke C, gaya lintang di C sebesar VB, dan bilamana muatan
P bergerak dari C ke B, maka gaya lintang di C akan sebesar VA, dengan persamaan garis pengaruh gaya lintangnya adalah:
Dengan cara yang sama momen lentur di titik C, seperti diperlihatkan pada gambar 2e dapat ditentukan. Bila muatan P bergerak dari A ke C, maka momen lentur di C sama dengan kelipatan kali reaksi perletakan B yang berlaku dari A ke C, dengan persamaan garis pengaruh momen lenturnya adalah:
Garis pengaruh balok gantung
Gambar 3. Garis Pengaruh Reaksi Perletakan Pada Balok Gantung
Muatan P = 1 kN bergerak sejauh x dari ujung bebas A, seperti pada Gambar 3, maka dapat dihitung reaksi perletakan sebagai berikut : Garis pengaruh reaksi B.
Garis pengaruh reaksi C.
Garis pengaruh gaya lintang di titik I, B dan II, diperlihatkan pada Gambar 4a, 4b, 4c, dan 4d.
Gaya lintang di titik I.
Bila P di sebelah kiri I akan didapat garis pengaruh L1 = -P, bila P di sebelah kanan titik I didapat L1 = 0.
Hal ini berlaku juga untuk gaya lintang di titik Bkiri. Bila P bergerak di sebelah kiri titik B akan didapat garis pengaruh LBkanan = VC yang berlaku di AB, dengan tanda positif.
Bila P bergerak di sebelah kanan titik B akan didapat garis pengaruh LBkanan = VB yang berlaku di BC.
Gambar 4. Garis Pengaruh Gaya Lintang Pada Balok Gantung
Dengan cara yang sama didapat garis pengaruh gaya lintang di titik II. Bila P di sebelah kiri titik II didapat:
Bila P di sebelah kanan titik II didapat:
Garis pengaruh momen lentur yang terletak di antara AB, di titik B dan di antara BC, misalkan titik-titik I, B dan II, seperti diperlihatkan pada Gambar 5a, 5b, dan 5c.
Garis pengaruh M1.
Bila P di sebelah kiri I akan didapat persamaan garis pengaruh:
Bila P di sebelah kanan I nilai garis pengaruh sama dengan nol, berlaku juga untuk titik G, yakni bila P di sebelah kiri titik B, berlaku persamaan:
dan bila P di sebelah kanan B, nilai garis pengaruh menjadi nol.
Gambar 5. Garis Pengaruh Momen Pada Balok Gantung
Garis pengaruh M1I.
Bila P di sebelah kiri II akan didapat persamaan garis pengaruh:
Bila P sebelah kanan II akan didapat persamaan garis pengaruh:
Garis Pengaruh Rangka Batang
Suatu rangka batang sederhana, seperti pada Gambar 6, akan ditentukan garis pengaruh ada batang-batang 1, 2, 3, dan 4.
Gambar 6. Garis Pengaruh Rangka Batang
Berdasarkan cara Ritter, gaya batang 1 dan batang 2 ditentukan dengan persamaan:
Garis pengaruh MG dan MH juga dapat ditentukan. Dengan demikian garis pengaruh gaya batang 1 dan gaya batang 2 dapat dibuat. Selanjutnya gaya batang 2 dan gaya batang 3 ditentukan dengan persamaan:
Sedangkan LFKi dan sudut batang diagonal diketahui. Jadi dengan demikian garis pengaruh gaya batang 3 dan gaya batang 4 dapat dibuat, sesuai dengan gaya lintang di F sebelah kiri.
Manfaat Garis Pengaruh
Muatan hidup yang bekerja pada suatu jembatan tidak hanya berupa muatan titik P, melainkan terdapat juga muatan berantai seperti rangkaian mobil, kereta api seperti terlihat pada Gambar 7. Selain dari pada itu
terdapat pula muatan terbagi rata.
Gambar 7. Muatan Berantai
Suatu konstruksi balok sederhana yang dibebani muatan hidup berantai seperti pada Gambar 8, dalam hal ini akan ditentukan garis pengaruh reaksi perletakan dan garis pengaruh momen lentur di titik I.
Gambar 8. Penggunaan Garis Pengaruh Akibat Muatan Berantai
Garis pengaruh momen I menggambarkan besarnya momen lentur I bila gaya P = 1 kN bergerak sepanjang batang AD. Bila suatu gaya P = 3 kN bergerak di titik A, maka:
Gaya P = 3 ton ini akan menimbulkan M1 terbesar bila P ada di titik I, yakni sebesar:
Bila muatan hidup bergerak dalam urutan (1,3) dan gaya 1 kN ada di titik A, maka:
Nilai ini akan berubah bila rangkaian ini berbalik arah menjadi (3,1) dan gaya 3 kN di A, maka:
Ternyata rangkaian ini memberi hasil M1 yang lebih besar, sehingga dapat disimpulkan bahwa rangkaian ini akan menghasilkan nilai terbesar bila gaya yang lebih besar ditempatkan pada ordinat pengaruh terbesar pula.
Dari pernyatan tersebut dapat diduga bahwa ranhgkaian ini akan dapat menghasilkan nilai M1 terbesar bila gaya 3 kN ditempatkan di titik I, dan ada dua kemungkinan urutan, yaitu:
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penempatan gaya 3 kN di titik I dengan urutan (3,1) akan menghasilkan M1 terbesar.
Selanjutnya dengan memanfaatkan garis pengaruh, momen lentur akibat muatan terbagi rata juga dapat ditentukan. Bila sejumlah muatan terbagi rata bekerja pada suatu konstruksi, seperti pada Gambar 9, maka
dapat dihitung besarnya momen lentur akibat muatan tersebut. Dengan menggunakan diagram garis pengaruh momen lentur akibat muatan terbagi rata q dapat dianalisis.
Gambar 9. Garis Pengaruh Muatan Terbagi Rata
Bila muatan q bekerja di titik A, maka:
Bila ordinat pengaruh di A dinyatakan dengan 0o, maka pengaruh M1 akibat muatan q sepanjang AN sama dengan:
Dari uraian tersebut di atas disimpulkan bahwa pengaruh muatan terbagi rata pada suatu konstruksi ditentukan oleh luas bidang pengaruh. Konstruksi diatas yang dibebani muatan terbagi rata q akan member akibat terbesar MI bila muatan itu terbentang sepanjang BC, sebesar q x luas bci.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar