Minggu, 19 Januari 2014

Pemanfaatan Air untuk Pariwisata

Pariwisata menurut Richard Sihite dalam Marpaung dan Bahar Pariwisata adalah suatu perjalanan yang dilakukan orang untuk sementara waktu, yang diselenggarakan dari suatu tempat ke tempat lain meninggalkan tempatnya semula, dengan suatu perencanaan dan dengan maksud bukan untuk berusaha atau mencari nafkah di tempat yang dikunjungi, tetapi semata-mata untuk menikmati kegiatan pertamasyaan dan rekreasi atau untuk memenuhi keinginan yang beraneka ragam. Pariwisata juga memberiakan manfaat bagi daerah yang bersangkutan selain untuk memperkenalkan daerahnya juga sebagai dana pemasukan dari suatu daerah tersebut. Banyak tempat wiasata yang ada baik yang menyuguhkan pemandangan alam atau wahana saja. Namun seringkali untuk menghilangkan stress atau beban yang ada kiata akan banyak memilih
ketempat dengan pemandangan alam. Air juga memberi manfaat di bidang pariwisata ini baik periran darat maupun perairan laut.

Perairan darat
Danau
Danau adalah tanah ledok/cekungan/basin yang laus dan terisi air. Danau ini merupakan air permukaan karena berada diatas daratan. Contoh dari danau yang digunakan untuk pariwisata yang terkenal akan legendanya ataupun keindahanya adalah danau Toba, selain itu ada danau sentani di papua dls.


Sungai
Sungai adalah suatu jalan air yang terjadi secara alami dan mengalir menuju laut, samudera ataupun danau. Sungai juga memberikan manfaat bagi pariwisata seperti wiasata air yaitu arung jeram yang banyak diminati banyak orang.


Rawa
Genangan air yang umumnya berada di daerah pantai yang landai dan muara sungai-sungai besar dimana genangan air ini berasal dari air laut, hujan dan air sungai. Walaupun rawa tidak biasa digunakan untuk pertanian karena mengandung PH yang tinngi tetapi rawa ini dapat digunakan sebagai tempat pariwisata contohnya wisata rawa di sekitar pantai Delod brawah (bali).

Empang
Seperti di jelaskan diatas empang merupakan kolam yang berisi air untuk budidaya ikan, bukan hanya untuk perikanan empang juga digunakan untuk wisata sebagai kolam pemancingan untuk keluarga ataupun hasilnya untuk dijual lagi.

Air Tanah
Mata Air
Mata air adalah suatu titik di mana air tanah mengalir keluar dari permukaan tanah yang berarti dengan sendirinya adalah suatu tempat di mana permukaan muka air tanah (akuifer) bertemu dengan permukaan tanah. Mata air ini dijadikan sebagai tempat wisata oleh warga sekitar karena air yang masih jernih serta tempatnya yang selalu terletak di daerah yang masih asri sehingga dijadikan tempat wisata baru untuk jalan-jalan atu menghabiskan waktu dengan keluarga. Contohnya mata air Cokro Tulung di Klaten- Solo. 


Perairan Laut
Laut
Laut adalah hamparan air yang membentang luas, laut bakan hanya menyimpan kekayaan hayati saja seperti perikanan namun juga memberiakan keindahan untuk dinikmati, hal ini yang mendorong beberapa wisatawan untuk menghabiskan waktunya di laut. Beberapa wahana yang bisa ditemukan adalah banana boat, jet ski, parasailing, flying fish,dls, bahkan kita dapat melihat terumbu karang serta keanekaragaman hewan  di bawah laut dengan diving dan snorkeling. Tidak hanya permainan air yang dapat kita lakukan namun kita juga dapat mengagumi keindahan laut dengan berlibur atau berjalan-jalan dengan menggunakan kapal wisata.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar