Senin, 20 Januari 2014

Metode Keseimbangan Bagian Cara Analitis (Metode Ritter)

Seringkali dalam menghitung gaya batang diperlukan waktu yang lebih singkat terutama bagi konstruksi yang seirama, untuk itu dapat digunakan metode Ritter, yang disebut juga dengan metode pemotongan secara analitis. Kita harus memotong dua batang atau tiga batang, maka gaya-gaya pada potongan tersebut mengadakan keseimbangan dengan gaya-gaya luar yang bekerja pada kiri potongan maupun kanan potongan. Selanjutnya dapat dihitung gaya-gaya batang yang terpotong tersebut. Sebagai contoh rangka batang jembatan pada gambar di bawah ini.

Rangka Batang Jembatan


Potongan I-I

Dalam menentukan gaya-gaya batang konstruksi rangka jembatan di atas dengan menggunakan metode Ritter, maka terlebih dahulu periksa kestabilan konstruksi, dimana diketahui s = 8, m = 13, dan r = 3, jadi
untuk 2s – m – r = 0 adalah 2.8 – 13 – 3 = 0, berarti konstruksi stabil. Kemudian tentukan reaksi perletakan dengan cara analitis, dengan menggunakan keseimbangan momen pada salah satu titik tumpuan.

Bila konstruksi dalam keadaan stabil atau seimbang, maka sebagian konstruksi juga harus dalam keadaan seimbang. Pada konstruksi rangka batang di atas, konstruksi tersebut dipotong oleh sebuah garis khayal melalui batang 2, 7, dan 10, maka untuk menjaga keseimbangan bagian kiri haruslah ada gaya batang b2, b7, dan b10 yang mengimbangi gaya luar P dan VA. Hal ini hanya mungkin bila syarat persamaan statik tertentu terpenuhi. Oleh karena itu gaya-gaya tersebut hanya akan seimbang bila memenuhi syarat : keseimbangan ΣV = 0, ΣH = 0, dan ΣM = 0.
Dengan tiga persamaan itu gaya batang b2, b7, dan b10 dapat dicari. Hitungan di atas dapat terpenuhi dengan menggunakan persamaan momen dan persamaan gaya vertikal serta gaya horisontal terhadap titik E, yaitu pertemuan batang b7 dan b10 pada potongan I – I .
Untuk mendapatkan b2, yaitu:

Untuk mendapatkan b10, yaitu:

Untuk mendapatkan b7, yaitu:






Tidak ada komentar:

Posting Komentar