Kamis, 06 Februari 2014

10 Jembatan Terpanjang di Indonesia

Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu tercatat sebagai jembatan terpanjang yang menjadi kebanggaan Indonesia. Dengan panjang 5,4 km, Jembatan Suramadu membentang di atas Selat Madura untuk menghubungkan wilayah Surabaya dan Madura. Dari situlah nama Suramadu berasal, Sura dari kata Surabaya dan Madu dari kata Madura. Pembangunan jembatan terpanjang di Indonesia ini memakan waktu sekitar 6 tahun dan menghabiskan biaya kurang lebih Rp 4,5 triliun. Dibuka untuk umum sejak 10 Juni 2009. Jembatan Suramadu kini menjadi salah satu objek wisata di Surabaya dan Madura.


Jembatan Pasupati
Jembatan Pasupati atau Jalan Layang Pasupati didirikan untuk mengatasi tingkat kemacetan di kota
Bandung. Nama Pasupati berasal dari nama kedua jalan yang dihubungkan oleh jalan layang yaitu Jalan Terusan Pasteur dan Jalan Suropati. Membentang sepanjang 2,8 km dengan lebar 30 - 60 m, Jalan Layang Pasupati mempermudah akses lalu lintas bagi wisatawan kota Bandung, khususnya yang berasal dari kawasan Jabodetabek


Jembatan Siak
Jembatan Siak dengan panjang 1,196 km ini terletak di Kabupaten Siak di Kota Pekanbaru, Riau. Nama sebenarnya adalah Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah, namun penduduk lokal dan wisatawan sering menyebut jembatan ini sebagai Jembatan Siak. Jembatan Siak terbilang unik dibanding jembatan-jembtan lainnya karena kehadiran restoran di bagian atas jembatan yang memungkinkan pengunjung menikmati makanan sambil menyasikkan keindahan Kota Pekanbaru.


Jembatan Ampera
Jembatan Ampera merupakan jembatan kebanggaan Kota Palembang yang menyeberangi Sungai Musi. Di malam hari Jembatan Ampera dihiasi oleh lampu-lampu cantik yang mempertegas bentuk jembatan. Panjang total Jembatan Ampera adalah 1,117 km


Jembatan Barito
Jembatan Barito terletak di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Jembatan Barito menyeberangi Sungai Barito untuk menghubungkan tepi bagian barat dan bagian timurnya. Terdiri atas jembatan utama dan jembatan pendekat. Jembatan Barito memiliki panjang total 1,082 km.


Jembatan Mahakam Ulu
Jembatan Mahakam Ulu, sering disingkat sebagai Jembatan Mahulu, berada di Pulau Kalimantan. Jembatan sepanjang 789 m ini dibangun di atas sungai Mahakam untuk menghubungkan pusat Samarinda dan Samarinda Seberang. Di malam hari Jembatan Mahakam Ulu memancarkan warna kuning terang yang cantik dari lampu-lampu yang dipasang di sepanjang jembatan.


Jembatan Rumpiang
Di atas Sungai Barito selain membentang pula Jembatan Barito, juga membentang Jembatan Rumpiang yang menghubungkan Kota Marahaban dan Banjarmasin. Kehadiran Jembatan Rumpiang amat mempermudah akses lalu lintas dari Marahaban ke Banjarmasin dan sebaliknya. Jembatan Rumpiang memiliki panjang total 753 m.


Jembatan Kutai Kartanegara
Karena melintasi Sungai Mahakam, Jembatan Kutai Kartanegara sering disebut sebagai Jembatan
Mahakam II. Jembatan Kutai Kartanegara memiliki desain yang mirip dengan salah satu jembatan terpopuler di Amerika Serikat yaitu Jembatan Golden Gate. Panjang total jembatan ini adalah 710 m.


Jembatan Barelang
Singkatan atau gabungan nama dari beberapa tempat berbeda menjadi tren nama populer bagi jembatan di Indonesia, tak terkecuali Jembatan Barelang. Barelang merupakan singkatan dari BAtam, REmpang, dan GaLANG, tiga dari enam pulau yang dihubungkan oleh Jembatan Barelang. Nama resmi dari Jembatan sepanjang 642 m ini adalah Jembatan Tengku Fisabilillah.


Jembatan Kahayan
Jembatan Kahayan tercatat sebagai jembatan terpanjang di Kalimantan dengan panjang total 640 m. Nama Jembatan Kahayan berasal dari Sungai Kahayan yang mengalir di bawahnya. Jembatan ini menghubungkan Kota Palangkaraya dengan Kabupaten Barito Selatan.



Selanjutnya...Jembatan terpanjang di Indonesia yaitu Jembatan Selat Sunda (JSS) dengan panjang total 31 km, menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar