Senin, 12 Januari 2015

Lampu Bandara

Penerangan Lampu Bandara digunakan di bandara yang memungkinkan pendaratan malam. Dilihat dari udara, lampu landasan membentuk garis besar landasan. Sebuah landasan tertentu mungkin memiliki beberapa atau semua hal berikut:
  1. Runway End Lights Identification (REIL) - searah (menghadap arah pendekatan) atau sepasang Omnidirectional disinkronisasi berkedip lampu dipasang di ambang landasan pacu, satu di setiap sisi.
  2. Lampu Runway end (REL) - masing-masing empat lampu di setiap sisi landasan pacu, lampu ini memanjang sepanjang landasan pacu. Lampu ini menunjukkan hijau ketika dilihat dari pesawat yang mendekati dan merah jika dilihat dari arah sebaliknya.
  3. Runway Side Light (RSL) - lampu ditinggikan warna putih yang sepanjang panjang landasan pacu di kedua sisi. Pada posisi landasan pacu, tepi pencahayaan menjadi kuning diposisi 2.000 kaki (610 m) dari landasan pacu, atau posisi ketiga terakhir dari landasan pacu, mana yang lebih dekat. Taxiway dibedakan oleh yang berbatasan dengan lampu biru, atau dengan memiliki lampu pusat hijau, tergantung pada lebar taxiway, dan kompleksitas pola parkir pesawat.
  4. Runway Centerline Lighting System (RCLS) - lampu tertanam ke permukaan landasan pacu di 50 ft (15 m) interval sepanjang garis tengah landasan pacu. Putih kecuali yang terakhir 900 m (3.000 ft): alternatif putih dan merah untuk berikutnya 600 m (1.969 kaki) dan merah untuk yang terakhir 300 m (984 kaki).
  5. Touchdown Zone Light (TDZL) - Deretan bar cahaya putih (dengan tiga di setiap baris) pada 30 atau 60 m (98 atau 200 ft) interval di kedua sisi dari garis tengah 900 m (3.000 kaki)
  6. Taxiway Centerline Lights (TCL) - dipasang di sepanjang tanda berhenti, lampu berwarna hijau dan kuning alternatif tertanam ke trotoar landasan pacu. Dimulai dengan cahaya hijau di sekitar landasan pacu tengah ke posisi tengah cahaya pertama di luar tanda berhenti - Pendek pada taxiway tersebut.
  7. Taxiway Centerline Lead-On Lights (TCLL) - dipasang dengan cara yang sama seperti taxiway tengah Lampu berhenti, tapi mengarahkan lalu lintas pesawat di arah berlawanan.
  8. Land And Hold Short Operation Lights . Deretan lampu berkedip putih dipasang di landasan pacu untuk menunjukkan memegang posisi short pada beberapa landasan pacu yang memfasilitasi lahan dan tahan operasi singkat (LAHSO)
  9. Approach Lighting System (ALS) - sistem pencahayaan dipasang di ujung pendekatan landasan pacu bandara dan terdiri dari serangkaian lightbars, lampu strobo, atau kombinasi dari dua yang membentang keluar dari ujung landasan pacu.
Menurut peraturan Transportasi Kanada, pencahayaan landasan tepi harus terlihat selama minimal 2 mil (3 km). Selain itu, sistem baru penasehat pencahayaan, Lampu Status Runway, saat ini sedang diuji di Amerika Serikat. 
Lampu tepi harus diatur sedemikian rupa sehingga:
  1. jarak minimum antara garis adalah 75ft (23m), dan maksimum adalah 200ft (61m);
  2. jarak maksimum antara lampu dalam setiap baris adalah 200 kaki (61 m);
  3. panjang minimal garis paralel adalah 1.400 ft (427 m);
  4. jumlah minimum lampu di garis adalah 8.
Pengendalian Lighting System Biasanya lampu dikendalikan oleh menara kontrol, Stasiun Layanan Penerbangan atau otoritas lain yang ditunjuk. Beberapa bandara/lapangan udara (terutama yang tidak terkontrol) dilengkapi dengan Percontohan Pencahayaan Controlled, sehingga pilot sementara dapat menyalakan lampu ketika otoritas yang relevan tidak tersedia. Hal ini untuk menghindari kebutuhan untuk sistem otomatis atau staf untuk menyalakan lampu pada malam hari atau dalam situasi visibilitas rendah lainnya. Ini juga menghindari biaya agar sistem pencahayaan pada untuk waktu yang lama. Bandara kecil mungkin tidak memiliki landasan pacu menyala atau tanda landasan. Khususnya di lapangan udara pribadi untuk pesawat terbang ringan, mungkin tidak akan ada lebih dari windsock di samping landasan.
Pilot-controlled lighting (PCL), juga dikenal sebagai aircraft radio control of aerodrome lighting (ARCAL) or pilot-activated lighting (PAL), adalah sistem yang memungkinkan pilot pesawat untuk mengontrol pencahayaan dari bandara atau lampu pendekatan lapangan terbang itu, lampu tepi, dan taxiway melalui radio. Di beberapa lapangan udara, suar bandar udara juga mungkin ARCAL dikendalikan. ARCAL adalah yang paling umum di lapangan udara non tower atau sedikit digunakan di mana tidak ekonomis untuk menyalakan landasan pacu sepanjang malam, atau untuk menyediakan staf untuk menghidupkan lampu landasan pacu dan mematikan . Hal ini memungkinkan pilot untuk mengontrol pencahayaan hanya bila diperlukan, menghemat listrik dan mengurangi polusi cahaya.
Frekuensi ARCAL untuk sebagian Bandara biasanya sama dengan UNICOM/CTAF frekuensi, meskipun dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, frekuensi ARCAL kedua dapat ditunjuk untuk mengontrol pencahayaan untuk landasan pacu kedua secara terpisah (contoh dari hal ini adalah landasan 19/1 di bandara di Sydney, Nova Scotia). Untuk mengaktifkan lampu, pilot mengklik radio mengirimkan saklar pada frekuensi ARCAL sejumlah kali dalam sejumlah detik tertentu. Ada dua jenis sistem ARCAL, tipe J dan tipe K.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar