Kamis, 29 Januari 2015

GRC (Glassfibre Reinforced Cement)

Pengertian
GRC  (Glassfibre Reinforced Cement) adalah material yang terbuat dari campuran semen dan pasir (agregat halus) yang diperkuat dengan glassfibre alkali resistant.
Secara umum GRC ada 2 macam yaitu GRC panel produksi pabrikan dan GRC cetak. GRC panel produksi pabrikan berupa lembaran dengan ukuran 1.20x2.40 m2. Sedangkan GRC cetak bisa dibentuk sesuai desain yang ada misalnya profilan-profilan, ornamen dekorasi, dan lain-lain.
Aplikasi Material GRC sangat beraneka ragam dalam dunia arsitektur, antara lain panel dinding, profil cetak dekorasi, cover kolom struktur, plafond, partisi, partisi kubikal toilet.
GRC terutama GRC cetak banyak digunakan untuk cover elemen bangunan seperti dinding dan kolom yang terdapat banyak profilan. Setelah dicetak GRC cetak tinggal dipasang pada rangkanya yang biasa berupa besi siku dengan begitu akan lebih mudah dan cepat dalam pelaksanaan pekerjaannya.
Karakteristik dan Keunggulan GRC
  1. Mudah diaplikasikan serta mampu membentuk detail yang rumit sehingga sangat memudahkan para arsitek dan perancang untuk berkreasi dengan bahan ini. 
  2. Bentuk tipis serta pemasangan yang mudah sehingga mengurangi biaya pengangkutan dan pemasangan.
  3. Bobotnya yang ringan akan mengurangi biaya struktur dan pondasi.
  4. Tahan cuaca, tahan api, tahan korosi, tidak berjamur dan anti rayap serta tahan abrasi.
  5. Tidak terpengaruh sinar Ultra Violet.
  6. Tidak mengandung asbestos.
  7. Biaya perawatan yang rendah.
  8. Mudah dicat. 

Sistim Pemasangan GRC
Kemudahan pemasangan adalah hal yang penting dari GRC. Umumnya rangka besi penahan beban dapat dipasang terlebih dahulu, kemudian panel-panel GRC yang telah dilengkapi fitting- fitting dipasangkan pada rangka besi tersebut. Sistem pemasangan lainnya:
  1. Menggunakan rangka Stud Frame
  2. Langsung dipasang dengan Dynabolt ke beton
  3. Bisa dibentuk langsung dilapangan
  4. Sambungan antar panel menggunakan flexible joint sealant.
Pemakaian GRC
GLASSFIBRE REINFORCED CEMENT sudah luas dan berhasil penggunannya dalam industri kontruksi seluruh dunia.
Bangunan
  1. Panel cladding untuk interior dan eksterior
  2. Langit-langit
  3. Atap
  4. Panel akustik
  5. Pekerjaan-pekerjaan permanen
  6. Dan lain-lainnya
Sipil Engineering
  1. Pekerjaan dak jembatan
  2. Pipa talang
  3. Saluran kanal
  4. Saluran air
  5. Komponen-komponen drainase dan lain-lain
Lain-lain
  1. Batu buatan dari GRC
  2. Dekorasi langit-langit
  3. Tangki penyimpanan
  4. Bak mandi
  5. Gardu/pos telepon umum
  6. Ornament dan ukiran
  7. Furniture jalan/taman/out door
  8. Pagar/penghalang suara
  9. Kios dan shelter
  10. Tangki gudang dan septic tank
  11. Cetakan arsitektural







Material
Bahan dasar yang digunakan pada GLASSFIBRE REINFORCED CEMENT:

(1) Semen
Semen yang digunakan semen portland type 1 adalah yang diisyaratkan SII untuk beton atau PBI 1971 dan biasa digunakan, semen portland type III juga pantas apabila variasi dalam penyemprotan semen slurry baik dan dalam komposisi peralatan yang dipengaruhi oleh semen yang baik tercukupi. Sama dengan semua beton, beberapa panel mengkehendaki pemakaian semen yang khusus. Warna pada panel GRC bervariasi karena pemprosesan semen diluar pengawasan pimpinan pabrik. Untuk memperlihatkan pada struktur penyelesaian, merk yang sama, jenis dan sumber pengadaan produk-produk GRC harus sempurna.

(2) Pasir (agrgat halus)
Agregat halus digunakan pasir bersih, kering dank eras serta bergradasi 150 mikro sampai dengan 1,2mm (100% dapat melewati ayakan ASTM 16 dan max 10% yang dapat melewati ayakan ASTM 100%)
Kandungan dalam pasir diisyaratkan:
Silica………………………………………………………….. >   96%
Larutan garam………………………………………………... <    1%
Lumpur organic………………………………………………. <   0,5%
Kelembaban…………………………………………………... <    2%

(3) Glassfibre Alkali
Hanya Glasfibre alkali atau (Na 20 – Ca0 – Zr02 – Si02) resistance yang di rancang khusus untuk alkali resistance dan dapat digunakan pada beton dengan cara tidak dilindungi “E” glass, berbentuk panjang seperti tali yang mana pada waktu proses penyemprotan serat tersebut akan di potong-potong menjadi 18 - 36 mm.
Sifat dan keuntungan serat fiber alkali yang digunakan pada produk kami sebagai berikut:
Kekuatan tarik elemen…………………………………... 3.500 MPa
Kekuatan tarik panjang………………………………….. 1.700 MPa
Modul elastisitas young…………………………………. 72.000 MPa
Berat jenis……………………………………………….. 2.68
Strain pada titik panas…………………………………...  2 H%
Peresapan air…………………………………………….  < 0.1%
Suhu luluh……………………………………………….  860o
Tahan api.

(4) Air
  • Air yang digunakan harus bersih, tidak mengandung lumpur
  • Setara dengan air yang digunakan untuk adukan beton
  • Kandungan air dalam GRC lebih kecil dibandingkan dengan kandungan air dalam beton (lihat pada penjelasan adukan).

(5) Campuran
Standart komersial menggunakan pencampuran antara sedikit accelator dengan diperlambat, serta pencampuran dari udara buatan dan acrylic thermoplastic copolymer yang dihamburkan untuk jenis GRC yang lain dari biasanya perlu di import.

(6) Pembelokan material
Baik dan kaarnya penyelesaian pada permukaan GRC, harus bersih, keras, dan tahan lama, kaku serta bebas dari kuman yang dapat merugikan material. Batu alam, batu bata, keramik, atau teracota mungkin digunakan sebagai permukaan material. Alat-alatnya sangat mudah dipertimbangkan dan mungkin menggunakan air dari tingkatan karakteristik penambahan panas yang lebih besar atau kecil dari GRC.

(7) Sisipan
Rencana mempertemukan sambungan baja ke dalam panel harus anti karat, demikian juga dengan lapisan seng, plat cadmium atau baja stenlis. Penyisihan harus sesuai dengan bahannya dimana akan terjadi kontrak terutama dengan memperhatikan serangan electromical. Standar api pada penyisipan panel harus pada suhu yang tetap selama periode yang cukup.

(8) System pemakuan rangka baja
Semua pemakan baja dan aksesoris harus di rangka dari baja yang sesuai dengan keperluan dan spesifikasinya baja. Metode perlindungan karat seperti galvanis atau pengecatan adalah yang dianjurkan untuk elindungi pemakuan baja dan aksesoris dari karat dan korosi.

(9) Sambungan sealant dan pengisiannya
Hanya satu atau dua jenis sealant yang baik, seperti urethane, polyslfida, silicon, yang dianjurkan untuk tahan terhadap air pada sambungan panel GRC.
Sealant akan tahan gerakan pada sambungan minimal 25% dari spesifikasi luas sambungan dimana kapasitas gerakan terbesar mungkin diperlukan pada pemprosesan modul sealant yang rendah.
Biasanya sambungan adalah terpenting dan utama memerlukan ketelitian. Noda akan tertinggal pada permukaan GRC apabila penyikatannya terlalu lama. Back up road dapat menekan busa polyurethane yang tidak mengandung gas atau equal yang dianjurkan oleh pabrik sealant. Jika kedalaman pembuatan back up road tidak cukup, dapat digunakan lapisan bon breaker.

(10) Pengecatan
Pengecatan mungkin dapat digunakan pada panel GRC latex mansonry dan noda yang tahan terhadap air pada methyl. Methacrylate merupakan dasar pertimbangan pemilihan warna.
Pengecatan yang bebas dari silane atau siloxane mungkin dapat digunakan untuk merupakan luar dan belakang panel untuk menahan penyerapan air dan efflorescence.

Sifat Physic
Sifat dari GRC dipengaruhi factor seperti isi serat dan bagiannya, jenis ukuran dan cara pembutannya. Karena itu peralatannya dapat di tinjau syarat – syarat rencana komponen yang khusus. Dua sifat dari GRC adalah dapat disemprotkan pada seluruh fibre ada dua dimensi sementara dalam pencampuran berorientasi pada fibre bersifat dimensif.
Periode pengetsan panel secara normal adalah 28 hari. Sifat – sifat tekanan dari suatu jenis susunan yang di semprotkan digambarkan dalam tingkat yang berlawanan. Tanda – tanda fiber yang kuat adalah dengan merentangkan dan membengkokkan serta menekannya dengan kuat menghasilkan material yang kuat dan ulet.
GRC mampu untuk menahan muatan – muatan pada periode yang cukup lama. Dalam hubungannya dengan bahan – bahan yang mengandung semen lain, komponen – komponen GRC menunjukkan suatu ciri yang elastis di bawah muatan yang diikuti oleh ”SLOW CREEP DEFORMATION”. Rambatan kecil dan rambatan yang dapat menurunkan tekanan pada suatu waktu. Tidak ada tekanan perpecahan dalam 2 kali pengetesan pada rencana kerja penekanan dalam jangka waktu 8 tahun lebih. Pada penekanan yang normal, fatigue hidup lebih dari 10 juta tingkatan.
Suhu, air, uap, dan akustik di control melalui ukuran, komponen – komponen semen hidrolik da aggregate.
Kandungan kimia ada GRC pad luas yang sama untuk beton dan dampaknya sama, arus listrik pada GRCsemen merupakan factor yang tidak terlalu dominan, karena GRC bermuatan dan campuran semennya sangat tinggi, dari pada umumnya kandungan kimianya lebih besar di banding beton. Selanjutnya perbikan dapat di peroleh dari pemakaian formula semen yang khusus, sehingga sulfat, super sulfat, dan semen alumina serta alkali encer saat ini menjadi masalah pada GRC. Peralatan listrik pada GRC adalah sebagian besar di tahan oleh banyaknya bahan air dan semen dalamkondisi yang lebih banyak dari pemakaian. Dalam keadaan umum untuk lazimnya bahan semen, kandungan arus listrik pada GRC dapat bertambah pada permukaan yang telah di cat dan dapat meresap seluruhnya.

GRC (GLASSFIBRE REINFORCED CEMENT)
Berat panel 8 mm =  17,6kg/m2 (tanpa rip)
Berat panel 10 mm =  20,2kg/m2 (tanpa rip)
ơ et = 6N/mm=  60kg/cm2
ơ tr = 3N/mm=  30kg/cm2
Benturan………………………………………… 15 – 30 Nmm/mm2
Tekan hancur …………………………………… 60 – 100 Nmm/mm2= 6 – 10kg/mm2
Modulus yaung………………………………….. 1,5 – 2 N/mm2 = 153 – 204kg/mm2
Lenturan, batas elastis………………………….... 14 – 17 N/mm2 = 1,5 – 1, kg/mm2
Batas patah………………………………………. 35 – 45 N/mm2 = 3,5 – 4,6kg/mm2
Tarik batas elastis………………………………... 34 – 45 N/mm2 = 0,9 – 1kg/mm2
Batas putus………………………………………. 14 – 17 N/mm2 = 1,5 – 1,7kg/mm2
Geser pons……………………………………….. 30 – 35 N/mm2 = 3 – 5kg/mm2

Catatan:              
1 kg = 9,807 Newton
1 N  = 0,102 kg
BJ    = 2,2 Ton/m2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar