Selasa, 03 Februari 2015

Mesin Perawatan Jalan Rel (MPJR)


MPJR atau Mesin Perawatan Jalan Rel adalah sarana perkeretaapian yang fungsinya untuk merawat jalan rel dari segi apapun. MPJR ini sangat sangat dibutuhkan keberadaannya di dunia perkeretaapian, kalau tidak ada alat ini mungkin sering terjadi kecelakaan seperti roda kereta api keluar rel, dan sebagainya. Oleh karena itu, MPJR pasti ada di setiap negara yang ada transportasi kereta api. MPJR bentuknya berbeda dengan kereta api lainnya. MPJR biasanya berwarna kuning. Fungsi MPJR adalah sebagai berikut:
  1. Memadatkan batu-batu yang ada di bawah bantalan rel
  2. Merapikan batu-batu yang ada di rel
  3. Mengelas rel
  4. Memasang rel
  5. Dan lain-lain
MPJR ada beberapa tipe seperti:
  1. MTT (Multi Tie Tamper) yang fungsinya buat memadatkan batu-batu yang ada dibawah bantalan.
  2. PBR (Profile Ballast Regulator).
  3. SSP (Super Soldier Plasser).
  4. USP (Universal Soldier Plasser) yang fungsinya buat merapikan susunan batu-batu yang ada di kiri-kanan rel. 
  5. KSP (Komfaktor Soldier Plasser) yang fungsinya seperti tipe USP yaitu buat merapikan susunan batu-batu yang ada di kiri-kanan rel.
  6. FBW (Flash Butt Welding) yang fungsinya untuk mengelas rel
  7. Dan lain-lain
Di bawah ini beberapa gambar atau foto MPJR:

MPJR dengan tipe mesin MTT

MPJR dengan tipe mesin PBR

MPJR dengan tipe mesin USP

MPJR dengan tipe mesin KSP

MPJR dengan tipe mesin FBW/APT

Videonya dapat dilihat di sini:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar