Terdapat tiga macam jenis beton yang
berbeda yang dipakai untuk konstruksi
jembatan:
- Beton tak bertulang
- Beton bertulang
- Beton pratekan
Berdasarkan Panduan Pemeliharaan dan Rehabilirasi
Jembatan Direktorat Jendral Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum, kerusakan beton mencakup masalah-masalah
sebagai berikut:
- Kerontokan beton
- Beton keropos
- Beton yang berongga
- Mutu beton yang jelek
- Beton yang tidak padat
Kerusakan 201-Kerusakan Beton
Cara penangannya adalah sebagai berikut:
- Buang/lepaskan bagian beton yang lepas dan rusak sampai bagian beton yang baik terlihat dan dalam keadaan bersih.
- Usahakan membersihkan beton sampai + 15 mm dibelakang besi tulangan agar didapat ikatan yang baik.
- Bersihkan semua karat yang ada pada besi tulangan.
- Kaitkan/ikatkan besi tulangan yang baru jika didapati bagian besi tulangan yang hilang lebih dari 20% dari diameternya.
- Pakailah bahan perekat pada permukaan yang kering dengan bahan yang dapat disetujui.
- Pasanglah dan bentuklah beton baru untuk mendapatkan selimut beton yang sesuai asalnya dengan menggunakan bahan yang disetujui.
Gambar Perbaiakan
Beton
Catatan:
- Jika besi tulangan tidak terlihat dan hanya sedikit kerusakan beton, maka plesteran saja sudah cukup untuk memperbaikinya. Permukaan harus dibersihkan dan dilembabkan untuk memudahkan pengikatan beton lama dengan beton baru.
- Jika ketebalan tambbalan lebih dari 40 mm, disarankan agar ditambahkan jaring kawat (wire mesh/0 halus yang ditempelkan pada permukaan beton yang lama sebelum dipasang beton yang baru. Jaring kawat tersebut akan memberikan daya rekat dan kekuatan yang lebih baik pada tambalan tadi.
- Disarankan agar menggunakan epoxy beton halus sebagai bahan untuk pembentukan kembali elemen struktur baru yang mempunyai ketebalan melebihi 40 mm atau dimana besi tulangan terlihat.
- Semua beton yang hancur sekitar besi tulangan yang sudah berkarat dan pada baggian beton yang jelek harus dibongkar dan besi tulangan dibersihkan kemudian diberi lapisan sebagaimana dijelaskan pada bagian ini.
- Kemudian, sisa permukaan tadi dikasarkan dengan pahat. Kemudian dibor lubang-lubang pada lantai beton lama agar dapat memasukan kawat angker (diameter 8 mm) yang kemudian dicor dengan adukan khusus dengan jarak dari as ke as 500 x 500 mm. Angker khusus ini sekarang sudah terpasang yang kemudian diberi lem epoxy yang sudah disediakan.
- Beton tersebut harus dipadatkan dengan vibrator yang sesuai.
- Permukaan beton baru tersebut harus diusahakan tetap lembab paling sedikit selama 7 hari.
Gambar Potongan
Melintang Perbaikan Lantai Beton
Beton
Keropos
Perbaikan/penanganan secara umum untuk beton yang
kerupos dilaksanakan sama seperti pada beton yang rontok.
Jika sudah terdapat rembesan lantai beton akibat
beton yang keropos, maka harus dilakukan beberapa hal berikut ini:
- Kupaslah lapisan aspal pada permukaan jalan dan bersihkan dengan baik bagian atas lantai beton tersebut.
- Kerjakan grouting pada daerah yang berpori/kurang padat atau beton keropos.
- Berilah lapisan kedap air (water proofing) diatasa daerah beton yang kurang padat tadi.
- Kerjakan lapisan perkerasan kembali.
Jika terjadi suatu rembesan/bocoran air pada dinding
penahan tanah atau kepala jembatan, hal ini mungkin diakibatkan oleh kurangnya
lubang drainase dinding atau tersumbatnya lubang drainase dinding tersebut.
Perbaikan/pemberishan lubang drainase atau
pembuangan air dapat mengurangi tekanan air yang ada dibelakang dinding dan
juga mengurangi penguapan air melalui dinding beton. Apabila dibuat lubang drainase
tambahan dengan cara mengebor dinding, apabila pengeboran lubang tersebut
memotong besi tulangan maka harus dilakukan penutupan besi tulangan untuk
mengindari terjadinya karat pada besi tulangan. Besi tulangan yang
terlihat/terkelupas harus dilapisi dengan bahan epoxy pengisi retsk beton guna
mencegah karat yang akan terjadi.
Kerusakan 202-Keretakan Beton
Keretakan mungkin terjadi karena:
- Adanya beban yang berlebihan pada bagian tersebut. Dalam hal ini harus dilakukan perkuatan atau pembatasan muatan.
- Tidak samanya penurunan yang terjadi. Dalam hal ini, apabila penurunan atau settelment tidak berhenti maka harus diadakan pencegahan penurunan selanjutnya dengan memperkuat pondasi
- Susut, terutama pada lantai beton.
- Mutu beton yang rendah pada lantai beton.
Cara Penanganan Untuk
Retak Non Struktural
Jika retak tersebut lebih kecil dari 0,5 mm lebarnya:
- Bersihkan retak tersebut dengan menggunakan sikat dan kemudian ditiup dengan angin yang bertekanan.
- Tutup retak tersebut dengan adukan semen yang encer.
- Bentuklah pada bagian retak seperti huruf V sampai kedalaman kurang lebih 5 mm kemudian bersihkan bagian tersebut.
- Gunakan perekat/epoxy yang telah disetujui oleh Direksi yang kemudian dilapiskan pada sisi bagian V tadi.
- Kemudian tutup bagian V tadi dengan adukan semen atau epoxy.
Cara Penanganan Untuk Retak Elemen Struktural
Jika retak yang ada terus berkembang/bertambah lebar
maka harus dicari penyebabnya dan kemudian penyebab keretakan tersebut harus
dihilangkan. Misal terjadinya keretakan pada gelagar yang disebabkan adanya
penurunan pada jalan pendekat yang mengakibatkan adanya gaya kejut tambahan
atau gelagar beton yang retak pada daerah gaya lintang yang diakibatkan oleh
adanya penurunan pada kepala jembatan maka harus dilakukan penanganan kerusakan
kepala jembatan terlebih dahulu.
Kriteria-kriteria keretakan pada elemen beton yang
fungsinya struktural dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
Kriteria I
- Lebar retak berkisar antara 0,1 mm sampai 0,25 mm dan mencakup daerah kurang dari 30% dari luas elemen yang bersangkutan.
- Tidak terjadi rembesan atau adanya bocor air.
- Mutu beton lantai tidak kurang dari 225 kg/cm2
- Mutu beton pada gelagar, kepala jembatan, pilar tidak kurang dari 175 kg/cm2
- Nilai kondisi elemen yang bersangkutan adalah 2.
Kriteria II
- Lebar retak kurang dari 2 mm dan mencakup daerah kurang dari 50% dari luas elemen yang bersangkutan.
- Tidak terjadi rembesan atau adanya bocoran air
- Diperlukan suatu perkuatan yang disebabkan terjadinya beban yang berlebih yang tidak dapat diterima oleh lantai atau gelagar akibat mutu beton yang tidak sesuai dengan persyaratan.
- Mutu beton lantai tidak kurang dari 225 kg/cm2
- Mutu beton pada gelagar, kepala jembatan, pilar tidak kurang dari 175 kg/cm2
- Nilai kondisi elemen yang bersangkutan adalah 3.
Kriteria III
- Lebar retak kurang dari 2 mm dan mencakup daerah kurang dari 50% dari luas elemen yang bersangkutan.
- Terjadi rembesan atau adanya bocoran air
- Mutu beton lantai tidak kurang dari 225 kg/cm2
- Mutu beton pada gelagar, kepala jembatan, pilar tidak kurang dari 175 kg/cm2
- Nilai kondisi elemen yang bersangkutan adalah 4 atau 5.
Prosedur perbaikan untuk menangani keretakan beton
bergantung pada jenis kriteria masing-masing elemen. Jenis penanganan sesuai
dengan kriteria adalah sebagai berikut:
- Kriteria I – Perbaikan kererakan dengan metoda suntikan bahan perekat/epoxy sehingga beton dapat berfungsi kembali dan menjadi satu kesatuan kembali serta berfungsi sebagai mana mestinya.
- Kriteria II – perbaikan keretakan dengan menggunakan metoda suntikan bahan perekat/epoxy ditambah dengan perkuatan untuk menahan gaya momen atau gaya lintang yang tidak dapat ditahan lagi oleh elemen yang bersangkutan. Perkuatan tersebut dapat berupa plat baja yang direkatkan pada bagian bawah pelat lantai atau balok, biasanya pelat tersebut berfungsi untuk menahan gaya momen atau gaya lintang yang berlebihan yang tidak dapat ditahan oleh lantai, hal ini berfungsi untuk memperkecil bentanagan yang ada.
- Kriteria III – dalam hal ini mutu beton sudah tidak dapat dipertanggung jawabkan lagi, lebar keretakan juga sudah melampaui batas yang dapat diperbaiki, sehingga apabila keadaan ini terjadi maka beton pada elemen yang bersangkutan harus dibongkar untuk kemudian dipasang kembali dengan beton yang sesuai persyaratan dan ukuran serta bentuknya seperti aslinya dengan mempertimbangkan sebab-sebab terjadinya keretakan sebelumnya. Apabila terjadi sambungan antara permukaan beton lama dan beton baru maka hal tersebut dapat ditangani sesuai dengan penanganan kerontokan pada beton dengan no.kerusakan 201.
- Bersihkan semua jenis kotoran, bekas beton yang tidak sempurna atau sejenisnya yang menyebabkan terjadinya kontaminasi pada retak dengan menggunakan sikat kawat atau gerinda pada daerah selebar kurang lebih 5 cm sepanjang retakan tersebut harus dibersihkan dengan thinner.
- Pasangkan pipa penyuntik ditengah-tengah permukaan yang retak dengan menggunakan bahan penutup (seal). Jarak setiap perletakan pipa penyuntik tergantung pada lebar dan dalamnya retak.
- Tutupi sepanjang jalur retakan antara pelat penyuntik dengan menggunakan bahan penutup (seal) atau pasta epoxy dengan lebar 5 cm dan tebal 3 mm yang ditunggu sampai mengeras.
- Pasang alat penyuntik dengan kuat pada pipa penyuntik kemudian pompakan bahan epoxy kedalam alat penyuntik dengan suatu tekanan yangtertentu sesuai dengan spesifikasi bahan.
- Setelah selesai penyuntikan dan bahan epoxy mengering dalam waktu yang tertentu, kemudian lepaskan kembali alat-alat suntikan dan bersihkan kembali bahan-bahan penutup retakan.
- Bersihkan permukaan beton yang sepanjang retakan yang diperbaiki dengan menggunkan derinda atau dengan melembutkan dengan bahan penutup dengan api dan mengelupaskannya.
Semua spesifikasi yang disayaratkan oleh pabrik
pembuat bahan epoxy atau bahan perekat untuk retakan harus diikuti.
Bentuk keretakan lain yang seringkali ditemui adalah
jenis retak yang tidak beraturan dan pada umumnya dijumpai pada lantai beton
jembatan.
Jika yabg retak hanya sebagian saja,maka
penangnnaynya dapat secara penaganan retak sebagian atau pada mutu beton yang
rendah, lihat penanganan untuk kerusakan no.201. jika lalu lintas pada jembatan
tidak dapat ditutup maka perbaikan dilaksanakan dengan cara penaganan dan
mempergunakan bahan yang tidak terpengaruh oleh gerakan/goyangan yang
ditimbulkan oleh beban lalu lintas dan juga bahan tersebut harus cepat
mengering dalam waktu yang tertentu. Biasanya jenis bahan perekat tersebut
mempunyai harga yang mahal, tetapi mempunyai keuntungan tanpa menutup
lalu-lintas yang ada. Dalam hal ini direksi harus memperhitungkan mana yang
lebih ekonomis dalam penggunakan bahan perekat.
Sumber: https://www.academia.edu/4710752/BAB_I_METODE_PELAKSANAAN_PONDASI_TIANG_PANCANG
Tidak ada komentar:
Posting Komentar