Selasa, 02 Juni 2015

Wesel

Wesel merupakan penghubung antara dua jalan rel dan berfungsi untuk mengalihkan/ mengantarkan kereta api dari suatu sepur ke sepur yang lain.


Terdapat empat jenis wesel, yaitu:
  1. wesel biasa,
  2. wesel dalan lengkung,
  3. wesel tiga jalan, dan
  4. wesel Inggris.
Wesel biasa terdiri atas sepur lurus dan sepur belok yang membentuk sudut terhadap sepur lurus.
Menurut arah belok sepur beloknya terdapat dua jenis wesel biasa yaitu:
  1. wesel biasa kiri
  2. wesel biasa kanan
Disebut wesel biasa kiri apabila arah belok sepur beloknya ke kiri dilihat dari depan wesel, disebut wesel biasa kanan apabila arah belok sepur beloknya ke kanan dilihat dari depan wesel.

Wesel Biasa

Wesel Dalam Lengkung pada dasarnya ialah seperti wesel biasa, tetapi "sepur lurus" nya (lihat wesel biasa) berbentuk lengkung (disebut sebagai sepur lengkung), sehingga dapatdikatakan bahwa wesel dalam lengkung terdiri atas sepur lengkung dan sepur belok yang membentuk sudut terhadap sepur lengkung. Berdasar pada arah sepur beloknya terdapat tiga jenis wesel dalam lengkung, yaitu:
  1. wesel searah lengkung,
  2. wesel berlawanan arah lengkung, dan
  3. wesel simetri
Pada wesel searah lengkung, arah sepur belok dan sepur lengkung sama. Pada wesel berlawanan arah lengkung, arah sepur belok berlalwanan tertadap arah sepur lengkung. Apabila sepur belok simetri terhadap sepur lengkung disebut sebagai wesel simetri.

Wesel dalam Lengkung

Wesel tiga jalan terdiri atas tiga sepur. Berdasar atas arah dan letak sepurnya terdapat empat jenis wesel tiga jalan, yaitu:
  1. wesel tiga jalan searah,
  2. wesel tiga jalan berlawanan arah,
  3. wesel tiga jalan searah tergeser, dan
  4. wesel tiga jalan berlawanan arah tergeser.
Wesel Tiga Jalan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar