Sabtu, 20 Juni 2015

Bentuk Tampang Baja Ringan dan Aplikasinya

Batang struktur baja ringan dapat diklasifikasikan dalam dua golongan utama:
  1. Batang profil struktural tunggal.
  2. Bentuk panel dan dek.
Untuk golongan yang pertama beberapa bentuk yang umum dijumpai adalah profil kanal (C-section), profil Z (Z-section), profil I (I-section), profil siku (angle section), profil T (T-section), profil sigma (sigma section) dan profil bulat (Tubular section). Gambar 1 menunjukkan bentuk-bentuk profil baja ringan.

Gambar 1. Beberapa Bentuk Profil Baja Ringan Tunggal (Wei Wen Yu and
Roger A.Laboude)

Gambar 1 di atas menunjukkan beberapa jenis propil baja ringan tunggal: (a) baja ringan profil I (I-section), (b) profil kanal (C-section), (c) profil sigma, (d) profil Z (Z-section), (e) profil Z dengan pengaku ujung, (f) profil doubel siku, (g) profil topi (hat section), (h) profil topi dengan pengaku ujung, (i) profil kotak (box section), (j) profil bulat.
Secara umum tinggi profil baja ringan tunggal bervariasi mulai dari ketinggian 2 inci sampai 12 inci (50.8 sampai 305 mm) dan ketebalan material dari mulai 0.048 inci sampai 1/4 inci (1.22 – 6.35 mm). Pada beberapa kasus ketinggian profil batang tunggal dapat mencapai 18 inci (457 mm) dan ketebalan profil mencapai 1/2 inci (12.7 mm) atau lebih tebal lagi. Batang tersebut digunakan untuk kontruksi transportasi dan bangunan. Karena fungsi utama dari golongan tipe ini adalah untuk pemikul beban maka kekuatan struktural dan kekakuan adalah menjadi pertimbangan utama dalam
desain.
Untuk baja ringan golongan yang kedua (bentuk panel dan dek) biasanya digunakan untuk dek atap, dek lantai, dan dinding panel. Ketinggian panel umumnya 1 ½ inci sampai 7 ½ inci (38.1 sampai 191 mm) dan ketebalan material panel baja ringan mulai dari 0.018 sampai 0.075 inci (0.457 sampai 1.91 mm).
Dek dan panel baja ringan tidak hanya berfungsi untuk memikul beban akan tetapi juga menyediakan permukaan yang dapat dijadikan lantai, atap serta menyediakan ruang untuk perlengkapan instalasi listrik dan AC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar