Senin, 17 November 2014

Macam-Macam Istilah dan Bermacam-Macam Instalasi AC

AC Window
Dari pengertian kata AC jenis ini berarti AC jendela .dan itu betul sebab Ac model ini di pasang di tembok yang bentuknya frame nya mirip jendela,bagian Evaporator Ac berada di dalam tembok/dinding, sedang bagian kondensor ada dibagian luar jendela di dinding. Sedang Kompressor jadi satu di dalamnya.AC model ini sekarang sudah jarang di gunakan karena bentuknya kurang trendy.  Ukuran Ac ini antara ¾ pk s/d 2pk. (tenaga kuda kapasitas pendinginan). Keberadaan model ini sudah makin terdesak oleh AC jenis Split. Untuk AC Window bentuknya dan pemasanganya seperti gambar di bawah ini.

AC Window

AC Split
AC split adalah Model AC yang banyak anda temui di saat ini. AC jenis ini banyak dipakai di rumah pribadi maupun gedung bertingkat untuk fungsi Apartement.
AC split Adalah model AC yang Evaporatornya terpisah dari Kondensor dan Kompressornya.
Evaporator (indoor) akan di pasang di dalam Ruangan atau kamar, sedang Kondensor dan Kompressornya diletakan di luar ruangan ( Out Door). Antara dua peralatan tersebut di hubungkan oleh sepasang pipa2 tembaga. Termasuk kabel power maupun kabel controlnya.
Kapasitas AC split  pada umumnya antara 1 pk s/d 4 pk. Namun untuk type Ac multi split atau vvr ukuranya bisa lebih besar lagi. Dibawah ini gambar Instalasi jenis AC Split.

AC Split

AC split dibagi beberapa type atau instalasi. Antara lain model AC Multi Split dan model lainya adalah VVR.
Multi split adalah jenis AC split dengan Satu Out door tapi mempunyai indoor  2 sampai 4 indoor. Dimana per cabangan pipa tembaganya sudah dimulai/dibagi  sejak  dari Out Door. Misal AC multi Split dengan 2 indoor maka pipa tembaga dari outdoor adalah 2 pasang. Masing-masing berisi 2 pipa tembaga pipa supply ke evaporator maupun pipa balik dari evaporator (narow pipe dan wide pipe). Jadi untuk 2 indoor semua ada 4 pipa tembaga penghubung.
Sedang model VVR adalah AC split dimana Indoornya 1 buah dengan kapasitas cukup besar tapi di gunakan oleh beberapa indoor. Bedanya  dengan multi split adalah cara pembagianya percabangan pipa-pipanya tembaganya. AC split jenis VVR  pipa yang keluar dari Out Door Cuma satu pasang (Narow dan  Wide pipe) namun natinya di cabang-cabang mulai dari  indoor pertama sampai indoor teahkir. Yang perlu diperhatikan di model ini adalah panduan pengisian Preon dari mesin ini harus di simpan baik-baik. Karena tanpa panduan dari catalog dari pembuat mesin tehnisi akan sulit menentukan berat preon yang benar: menyesuaikan dengan panjang pipa tambahan di lapangan.
Posisi penempatan Indoor AC split ada  beberapa macam. yaitu:
  1. Wall Mounting.:yaitu: penempatan menempel di dinding.
  2. In Ceiling Sistem yaitu penempatan Di langit-langit (plapon).
  3. Standing side system berdiri dilantai layaknya kulkas.
Dibawah ini adalah gambar AC split dengan posisi in ceiling system.

Installasi AC Split  Ceiling Sistem Poisition

Selanjutnya kita masuk ke Model AC Paket atau juga sering disebut Insttalasi AC sentral Unit/paket. Ada 2 type dalam jenis AC sentral jenis ini yaitu Type Air Coolled & Type Water Coolled. Type Air Coolled yaitu dimana pendinginan Kondensor menggunakan udara luar dengan suhu normal udara luar yang sirkulasi udaranya memakai batuam Kipas yang kapasitasnya sesuai dengan yang di butuhkan. Type Water coolled  ialah pendinginan kondensor memakai air dingin (suhu biasa) dari Coolling tower.dimana air ini di salurkan melalui pipa baja di alirkan ke tiap kondensor di masing-masing mesin AC paket berada.
Sedang penyaluran udara dingin dari Evaporator pada umumnya memkai ducting.Yang dibantu dengan sebuah blower atau kipas besar di bagian belakang evavorator. Jenis AC paket ini biasa dipakai di gedung yang berlantai luas. Gedung bioskop atau per kantoran juga hotel-hotel bertingkat.Sedang setiap lantai biasanya memakai 1 (satu)  Unit mesin AC.Di bawah ini adalah gambar Sistem Installasi mesin AC paket untuk satu lantai, juga untuk  gedung bertlantai banyak (bertingkat).

Sitem Intalasi AC Centrral  unit/paket. Water cooled Gedung satu Lantai

Sistem Intalasi AC Paket Water Cooled untuk Gedung 5 Lantai

Sistem Intallasi AC Sentral Paker Air Coolled

Tidak ada komentar:

Posting Komentar