Sabtu, 14 Mei 2016

Mock Up Room pada Proyek Gedung

Di dalam sebuah proyek khususnya untuk pekerjaan arsitektur kualitas pekerjaannya dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain material yang digunakan, metode pelaksanaan, dan desain arsitek. Ketiga faktor itu akan menjadi penilaian owner. Biasanya seiring berjalannya waktu owner akan meminta merubah desain interior, maka oleh sebab itu peran dari mock up room lah yang penting untuk memberikan contoh kamar yang udah jadi sesuai dengan desain yang direncanakan.

Mock Up Room

Mock up room adalah sempel interior kamar yang sudah jadi meskipun proyeknya belum jadi. Tujuan dari mock up room ini adalah untuk memberikan bayangan pada owner tentang desain kamar yang telah direncanakan. Berikut ini penjelasan tentang fungsi dari mock up room adalah sebagai berikut:
  1. Owner lebih leluasa menentukan pilihan desain kamar yang sesuai dengan yang diinginkannya, dikarenakan pembuatan mock up room bisa lebih dari satu ruangan.
  2. Owner mendapatkan bayangan tentang desain kamarnya sebelum proyek selesai.
  3. Mengantisipasi perubahan jenis material interior ketoka sudah order material ke vendor dalam jumlah besar
  4. Melihat kualitas pemasangan interior oleh sub kontraktor sehingga vendor segera bisa diputuskan.
  5. Dapat membandingkan apakah bahan yang direncanakan di gambar dapat diterapkan secara riil.
  6. Owner akan menyetujui material interial setelah melihat mock up room, sehingga kontraktor dapat memesan material dalam skala besar.
Pada proyek hotel biasanya mock up room akan dibuat lebih dari satu dengan kombinasi dan penggunakaan merk material yang berbeda. Dari beberapa kombinasi mock up yang sudah jadi owner akan cepat memutuskan merk dan tipe material yang akan digunakan.
Setelah owner memilih dan memutuskan mock up room yang digunakan percontohan, maka hasil pekerjaan untuk kamar yang lain harus sama seperti mock up room yang sudah dipilih dan disepakati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar