Titik Koordinat
Sudut Azimuth
Perhitungan Sudut Tikungan
ΔPI = α1-2 - αA-1 = 95,01366623 - 85,01366623 = 10 = 10⁰ 0’ 0”
ΔPII = α1-2 - α2-3 = 95,01366623 - 65,05449233 = 29,959 → 30 = 30⁰ 0’ 0”
ΔPIII = α3-B - α2-3 = 109,0388057 - 65,05449233 = 43,5938824 → 44 = 44⁰ 0’ 0”
Perhitungan Jarak Antar Tikungan
Jadi jarak dari A ke B adalah: 1484 + 925 + 1634 + 830 = 4873 m
Berdasarkan Tabel 10 (lampiran) diketahui bahwa jarak d(A-1), d(1-2), d(2-3), dan d(3-B)
memenuhi panjang lurus maksimum
Direncanakan pembuatan jalan kelas IIIA. Peraturan Perencanaan Geometrik Jalan Raya (PPGJR) No. 13/1970, standar geometrik adalah sebagai berikut:
- Klasifikasi jalan = kelas IIIA (Tabel 1)
- Kecepatan rencana (Vr) ~ (Lengkung Horizontal I Circle-Circle = 60 km/jam, Lengkung Horizontal II Spiral-Circle-Spiral = 70 km/jam, dan Lengkung Horizontal III Spiral-Spiral = 60 km/jam)
- Lebar perkerasan = 2 x 3,5 m (Tabel 1)
- Lebar bahu jalan = 2 x 1,5 m
- Miring melintang jalan (transvensal) = 2 %
- Miring melintang bahu jalan = 4 %
- Miring memanjang jalan (longitudinal) maksimal = 10 %
- Kemiringan talud = 1 : 2
- Panjang bagian lurus (tangen) dari A sampai PI (d A-1) = 1484 m
- Panjang bagian lurus (tangen) dari PI sampai PII (d 1-2) = 925 m
- Panjang bagian lurus (tangen) dari PII sampai PIII (d 2-3) = 1634 m
- Panjang bagian lurus (tangen) dari PIII sampai B (d 3-B) = 830 m
Pada trase jalan yang direncanakan terdapat tiga tikungan horozontal yaitu:
- Lengkung horizontal I = Full Circle (C-C)
- Lengkung horizontal II = Spiral-Cicle-Spiral (S-C-S)
- Lengkung horizontal III = Spiral-Spiral (S-S)
Lengkung Horizontal I (Circle-Circle)
- Sudut Δ = 10⁰
- Kecepatan rencana = 60 km/jam
- Lebar jalan = 2 x 3,5 m (Tabel 1)
- Jenis tikungan = Full Circle (C-C)
- Jari-jari (Rc) = 955 m
- e maks = 0,100 (Tabel 2)
- f maks = 0,153 (Tabel 2)
Dari Tabel 3 dengan jari-jari rencana diperoleh e = 0,023 dan Ls = 40 m
Jari-jari yang digunakan adalah jari-jari rencana (Rc) yaitu 955 m
Tc = Rc x tg ½ Δ = 955 x tg ½ 10 = 83,551 m
Ec = TC x tg ¼ Δ = 83,551 x tg ¼ 10 = 3,648 m
Lc = 0,01745 x Δ x Rc = 0,01745 x 10 x 955 = 166,648 m
Dari hasil perhitungan didapatkan data:
Vr = 60 km/jam
Δ = 10⁰
R = 955 m
Tc = 83,551 m
Ec = 3,648 m
Lc = 166,648 m
e = 2,3 %
en = 2 %
Ls = 40 m
Landai relatif (BM) = [(en + e) x lebar lajur]/Ls = [(0,02 + 0,023) x 3,5]/40 = 0,00376
Lengkung Horizontal II (Spiral-Circle-Spiral)
- Sudut Δ = 30⁰
- Kecepatan rencana = 70 km/jam
- Lebar jalan = 2 x 3,5 m (Tabel 1)
- Jenis tikungan = Spiral-Circle-Spiral (S-C-S)
- Jari-jari (Rc) = 573 m
- e maks = 0,100 (Tabel 2)
- f maks = 0,147 (Tabel 2)
Dari Tabel 3 dengan jari-jari rencana diperoleh e = 0,047 dan Ls = 60 m
Jari-jari yang digunakan adalah jari-jari rencana (Rc) yaitu 573 m
Besar sudut spiral
Besar pusat busur lingkaran
Өc = Δ – (2 x Өs) = 30 – (2 x 3,001) = 23,998⁰
Panjang lengkung circle
L = Lc + (2 x Ls) = 239,876 + (2 x 60) = 359,876 m
Dengan menggunakan Tabel 9:
p* = 0,0043919
p = p* x Ls = 0,0043919 x 60 = 0,264 m
k = Ls – Ls3 / 40 x Rc2 – Rc x sin Өs = 60 – 602 / 40 x 5732 – 573 x sin 3,001 = 30,000 m
Dengan menggunakan Tabel 9:
k* = 0,4999542
k = k* x Ls = 0,4999542 x 60 = 30,000 m
Es = (Rc + p) x sec ½ Δ – Rc = (573 + 0,264) x sec ½ 30⁰ – 573 = 88,950 m
Ts = (Rc + p) x tg ½ Δ + k = (573 + 0,264) x tg ½ 30⁰ + 30,000 = 360,970 m
Dari hasil perhitungan didapatkan data:
Vr = 70 km/jam
Δ = 30⁰
Өs = 3,001
Rc = 573 m
Es = 88,950 m
Ts = 360, 970 m
L = 359,876 m
e = 4,7 %
Ls = 60 m
Lc = 239,876 m
p = 0,264 m
k = 30,000 m
Landai relatif (BM) = [(en + e) x lebar lajur]/Ls = [(0,02 + 0,047) x 3,5]/60 = 0,00391
Lengkung Horizontal III (Spiral-Spiral)
- Sudut Δ = 44⁰
- Kecepatan rencana = 60 km/jam
- Lebar jalan = 2 x 3,5 m (Tabel 1)
- Jenis tikungan = Spiral-Spiral (S-S)
- Jari-jari (Rc) = 179 m
- e maks = 0,100 (Tabel 2)
- f maks = 0,153 (Tabel 2)
Dari Tabel 3: e = 0,086 → 8,6 %
Jari-jari yang digunakan adalah jari-jari rencana (Rc) yaitu 179 m
Өs = ½ Δ = ½ 44⁰ = 22⁰
Ls minimum berdasarkan landai relatif menurut Metode Bina Marga adalah m x (e + en) x B
Dari Tabel 8 didapat m = 125
Ls minimum = 125 x (0,086 + 0,02) x 3,5 = 46,375 m
(Ls = 137,392 m) > (Ls minimum = 46,375 m)
Kontrol terhadap persyaratan lengkung peralihan lainnya:
- Cek dengan AASHTO: v = 60 km/jam → m = 165, Ls minimum = 165 x (0,086 + 0,02) x 3,5 = 61,215 m (Ls > Ls minimum)
- Panjang perjalanan selama 3 detik, yaitu: 3 x 60 x 1000 / 3600 m = 50 m (Ls > Ls minimum, maka Rc = 179 m dapat digunakan)
Өs = 22⁰
p* = 0,0333559
k* = 0,4974504
Jadi:
p = p* x Ls = 0,0333559 x 125 = 4,169 m
k = k* x Ls = 0,4974504 x 125 = 62,181 m
L = 2 x Ls = 2 x 125 = 250 m
Ts = (Rc + p) x tg ½ Δ + k = (179 + 4,169) x tg ½ 44⁰ + 62,181 = 136,186 m
Es = (Rc + p) x sec ½ Δ – Rc = (179 + 4,169) x sec ½ 44⁰ - 179 = 18,550 m
Dari hasil perhitungan didapatkan data:
Vr = 60 km/jam
Δ = 44⁰
Өs = 22⁰
Rc = 179 m
Es = 18,550 m
Ts = 136,186 m
L = 250 m
e = 8,6 %
Ls = 125 m
Lc = 0,000 m
p = 4,170 m
k = 62,180 m
Landai relatif (BM) = [(en + e) x lebar lajur]/Ls = [(0,02 + 0,086) x 3,5]/125 = 0,00297
Perhitungan Stasioning Horizontal
Titik A merupakan awal proyek.
Sta. A = 0 + 000
Sta. PI = Sta. A + d(A-1) = (0 + 000) + 1484 m = 1 + 484
Sta. TC = Sta. PI – TC = (1+484) + 83,551 m = 1 + 567,551
Sta. CT = Sta. TC + LC = (1 + 568) + 166,648 m = 1 + 734,199
Sta. TS1 = Sta. CT + [d (1-2) – TC – TS] = (1 + 734,199) + (925 m – 83,551 m – 360,970 m) = 2 + 214,678
Sta. PII = Sta. TS1 + TS = (2 + 214,678) + 360,970 m = 2 + 575,648
Sta. SC = Sta. PII – TS + LS = (2 + 575,648) – 360,970 m + 60 m = 2 + 274,678
Sta. CS = Sta. SC + LC = (2 + 274,678) + 239,876 m = 2 + 514,554
Sta. ST1 = Sta. CS + LS = (2 + 514,554) + 60 m = 2 + 574,554
Sta. TS2 = Sta. ST1 + [d (2-3) – TS (S-C-S) – TS (S-S)] = (2 + 574,554) + (1634 m – 360,970 m – 136,186 m) = 3 + 711,398
Sta. PIII = Sta. TS2 + TS = (3 + 711,398) + 136,186 m = 3 + 847,584
Sta. ST2 = Sta. PIII – TS + (2 x LS) = (3 + 847,584) – 136,186 m + (2 x 125 m) = 3 + 961,398
Sta. B = Sta. ST2 + [d (3-B) – TS] = (3 + 961,398) + (830 – 136,186) = 4 + 655,212
Sta. PI = Sta. A + d(A-1) = (0 + 000) + 1484 m = 1 + 484
Sta. TC = Sta. PI – TC = (1+484) + 83,551 m = 1 + 567,551
Sta. CT = Sta. TC + LC = (1 + 568) + 166,648 m = 1 + 734,199
Sta. TS1 = Sta. CT + [d (1-2) – TC – TS] = (1 + 734,199) + (925 m – 83,551 m – 360,970 m) = 2 + 214,678
Sta. PII = Sta. TS1 + TS = (2 + 214,678) + 360,970 m = 2 + 575,648
Sta. SC = Sta. PII – TS + LS = (2 + 575,648) – 360,970 m + 60 m = 2 + 274,678
Sta. CS = Sta. SC + LC = (2 + 274,678) + 239,876 m = 2 + 514,554
Sta. ST1 = Sta. CS + LS = (2 + 514,554) + 60 m = 2 + 574,554
Sta. TS2 = Sta. ST1 + [d (2-3) – TS (S-C-S) – TS (S-S)] = (2 + 574,554) + (1634 m – 360,970 m – 136,186 m) = 3 + 711,398
Sta. PIII = Sta. TS2 + TS = (3 + 711,398) + 136,186 m = 3 + 847,584
Sta. ST2 = Sta. PIII – TS + (2 x LS) = (3 + 847,584) – 136,186 m + (2 x 125 m) = 3 + 961,398
Sta. B = Sta. ST2 + [d (3-B) – TS] = (3 + 961,398) + (830 – 136,186) = 4 + 655,212
Jadi panjang jalan rencana dari A ke B adalah 4655,212 m → 4,655 km
Tabel bisa dilihat di sini: Tabel Perhitungan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar