Kamis, 29 Agustus 2013

Bucket Wheel Excavator (BWE)

Bucket Wheel Excavator (sering disingkat BWE) adalah alat gali untuk pemindahan tanah, alat ini sesuai untuk digunakan pada material tanah penutup, baik itu berupa lapisan tipis maupun lapisan yang tebal, terutama jika berupa tanah, lempung, pasir, maupun material serpihan yang lunak.
BWE merupakan salah satu alat gali yang bekerja secara terus menerus, umumnya dapat digunakan dengan baik di atas, di bawah, maupun pada lantai kerjanya; hasil penggalian kemudian dilimpahkan ke Belt Conveyor.
Penggalian oleh BWE dilakukan oleh sebuah boom yang pada ujungnya terdapat roda besar yang sekelilingnya dipasang mangkuk-mangkuk. Boom beserta mangkuk-mangkuk yang berputar pada roda itu ditekan ke arah material yang digali. Jumlah mangkuk berkisar antara enam sampai 12 buah, sehingga penggalian dengan BWE dapat dilakukan secara terus menerus.

Bucket Wheel Excavator (BWE)


Cara penggalian mangkuk-mangkuk BWE dapat dibedakan menjadi tiga macam:
  1. Terrace Cut; yaitu penggalian dengan cara pemotongan permuka kerja ke arah depan, sehingga membentuk jenjang.
  2. Dropping Cut; yaitu suatu cara penggalian dengan memotong bagian permuka kerja ke arah bawah.
  3. Combination Cut, suatu cara penggalian gabungan; artinya cara penggalian permuka kerja secar terrace cut untuk bagian atas lapisan, dan secara dropping cut untuk bagian bawahnya.

Terrace Cut

Dropping Cut

Kemampuan BWE antara lain:
  1. Menggali lapisan tanah penutup,
  2. Menambang endapan-endapan material yang relatif lunak secara terus menerus, sehingga produksinya besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar